Apa itu ghosting dan bagaimana cara menghindarinya?

Ladies, tentu kamu memiliki mimpi untuk mempunyai pasangan ideal sebagain teman hidupmu. Namun, kamu harus berhati-hati karena tidak semua orang akan baik padamu. Pasalnya, tidak jarang kekasih ditinggal begitu saja tanpa kepastian. 

Nah, biasanya tindakan ini dikenal sebagai ghosting. Lantas, apa itu ghosting? Bagaimana cara menghindari dari orang yang suka ghosting?

Apa itu ghosting?

Ghosting adalah tindakan dalam sebuah hubungan yang tidak berujung manis karena salah satu pasangan menghilang tanpa jejak atau susah dihubungi. Istilah ini menjadi tren beberapa tahun kebelakang karena banyak pasangan yang mengalami ghosting. 

Saat ini, ghosting tidak hanya merujuk pada sebuah hubungan romantis saja. Hubungan pertemanan maupun dunia kerja juga bisa mengalami perghostingan atau hilang tiba-tiba. Istilah ini sangat umum digunakan masyarakat dunia bahkan telah ditambahkan di kamus The Merriam Webster.

Penyebab ghosting

Tentu ghosting terjadi karena beberapa sebab. Agar kamu terhindar dari orang-orang yang suka ghosting, yuk ketahui beberapa penyebab ghosting terjadi:

  • Ingin mengakhiri hubungan atau berpisah secepatnya tanpa repot menjelaskan. Biasanya orang yang seperti ini mempunyai kepribadian yang suka menghindar dari sebuah masalah.
  • Takut mengenal lebih dalam juga umum terjadi yang berujung pada ghosting
  • Menghindari konflik dengan orang lain menjadi alasan mengapa ghosting dilakukan. Konflik yang berkepanjangan juga membuat orang lain tidak betah dan memilih untuk meninggalkan tanpa kejelasan.
  • Tidak ada konsekuensi yang tegas juga menjadi alasan kenapa sangat mudah meninggalkan tanggung jawab.

Tanda-tanda ghosting

Yuk kenali tanda-tanda ghosting di sekitar agar kamu terhindar dari perilaku tersebut yang bisa merugikanmu, berikut ulasannya:

  • Perilaku berbeda dari biasanya
  • Terdapat sesuatu yang merubah kepribadiannya
  • Terjadi peristiwa yang menyebabkan ghosting
  • Mulai enggan menampakkan diri
  • Perlahan-lahan komunikasi menghilang
  • Tidak ada kepastian yang diberikan
  • Tanggung jawab tidak diselesaikan

Apa yang harus dilakukan jika kamu dighosting?

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana tindakan yang tepat saat kamu dighosting. Kamu perlu berhenti memperoleh kejelasan dari orang tersebut karena semakin dikejar akan semakin menjauh. Selain itu, katakan apa yang kamu butuhkan dari dirinya. Jika orang tersebut tidak menyambut baik maka kamu tidak perlu memaksa dan biarkan dia.

Terimalah dengan ikhlas dan lapangkan hati. Dengan merelakan keadaan tersebut akan membuat hatimu lebih ringan melanjutkan hidup. Tentu tidak mudah menghadapi orang yang suka ghosting. Namun jangan jadikan dirimu sebagai sosok seperti itu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.